Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MTsN 2 Pesawaran Berjalan Lancar

MTsN 2 Pesawaran (Humas) – Pada hari Selasa, 10 Desember 2024, MTsN 2 Pesawaran menyelenggarakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) yang menjadi agenda penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah tersebut. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesawaran, H. Farid Wajedi, S.Ag., M.Kom.I., didampingi oleh H. Khuzil Afwa K., S.H., M.H.I. selaku Kasi Penmad Kemenag Pesawaran, serta dihadiri oleh staf lainnya dari lingkungan Kemenag Pesawaran.

Tim penilai dalam kegiatan ini terdiri atas dua orang yang berkompeten, yaitu Fatkhurohman, M.Pd.I., dan Mala Astuti, M.Pd. Mereka bertugas melakukan evaluasi mendalam terhadap berbagai aspek kinerja kepala madrasah.

Penilaian ini mencakup empat komponen utama, yaitu:

  1. Bidang Usaha Pengembangan Madrasah: Menilai strategi dan langkah-langkah yang diambil oleh kepala madrasah untuk mengembangkan kualitas madrasah, baik dari segi akademik, infrastruktur, maupun inovasi lainnya.
  2. Bidang Manajerial: Mengkaji kemampuan kepala madrasah dalam mengelola organisasi secara efektif, termasuk pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, dan administrasi.
  3. Bidang Pengembangan Kewirausahaan: Mengevaluasi inovasi kewirausahaan yang dikembangkan untuk mendukung kemandirian madrasah.
  4. Bidang Supervisi: Menilai kemampuan kepala madrasah dalam membimbing dan mengawasi guru serta tenaga kependidikan untuk memastikan tercapainya standar kualitas pendidikan.

Kegiatan PKKM ini bertujuan untuk mengukur pencapaian kinerja kepala madrasah dalam memenuhi tugas dan tanggung jawabnya, sekaligus memberikan masukan untuk perbaikan dan peningkatan mutu madrasah di masa mendatang.

H. Farid Wajedi dalam sambutannya menyampaikan pentingnya penilaian ini sebagai bagian dari proses evaluasi dan pengembangan. “Kepala madrasah adalah motor penggerak dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang unggul. Melalui PKKM, kita dapat memastikan bahwa kepemimpinan berjalan sesuai dengan visi dan misi pendidikan nasional,” ujarnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi antara tim penilai dan kepala madrasah untuk merefleksikan hasil sementara penilaian serta memberikan saran konstruktif bagi peningkatan kinerja ke depan. Penilaian berjalan lancar dan mendapat apresiasi dari semua pihak yang hadir.(Nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *